Berita

Academic Discussion Angkatan 2014 & 2015

Hari Jumat, 20 Mei 2016 lalu, Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa Eksekutif Mahasiswa Informatika mengadakan acara Academic Discussion untuk mahasiswa Informatika angkatan 2014 dan 2015. Acara tersebut menghadirkan pemateri-pemateri yang berperan langsung terhadap KRS dan Keminatan. 

Acara tersebut dimulai pada pukul 15.30 dan registrasi dimulai dari pukul 15.00. Persiapan panitia dimulai sejak pukul 10.00 untuk mempersiapkan ruangan di gedung H1.6 dan peralatannya. 

Acara dibuka oleh moderator, selanjutnya materi pertama yang diberikan oleh dosen pembimbing akademik yaitu Ibu Wiwin Lukitohadi, S.H, S.Psi, CHRM dan Bapak Prasetyo Iskandar, S.T. Beliau menjelaskan tentang permasalahan yang sering terjadi pada mahasiswa/i dalam bidang akademik agar masa mendatang tidak berulang lagi. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa apabila mahasiswa FILKOM ingin berkonsultasi mengenai hal–hal yang terkait dengan akademik maupun non akademik, bisa datang ke gedung B1.5 (Ruang Psikologi).

Pemateri kedua adalah Bapak Herman Tolle, Dr. Eng., S.T, M.T,. Beliau menyampaikan materi terkait keminatan dan sedikit tentang perubahan kurikulum 2016 yang masih belum final (masih perlu dikaji dan belum fix). Macam-macam keminatan yang akan ada di kurikulum 2016 yaitu:
    - RPL, Rekayasa Perangkat Lunak
    - KC, Komputasi Cerdas
    - KBJ, Komputasi Berbasis Jaringan
    - IGM, Interaktif Media, Game, dan Mobile

Pemateri ketiga yaitu Ibu Rekyan Regasari Mardi Putri, S.T, M.T dan Bapak Budi Darma Setiawan, S.Kom, M.Cs. Beliau menyampaikan materi seputar KRS dan SP (Semester Pendek). Pengisian KRS di Filkom biasanya dilaksanakan ketika libur semester, dengan syarat telah membayar UKT yang nominalnya telah ditentukan di SIAM. Setelah masuk kuliah, KRS dicetak kemudian diserahkan ke dosen PA untuk dikonsultasikan. Jika dosen PA setuju, KRS akan ditandatangani. Yang terakhir adalah registrasi ulang di loket akademik, jika akademik telah menerima semua berkas, berarti proses registrasi ulang telah selesai.

Mekanisme untuk membuka kelas di Semester Pendek adalah daftar melalui himpunan yang akan mengajukan daftar mata kuliah yang perlu dibuka ke akademik. Untuk pendaftaran Semester Pendek, dilakukan di loket akademik. Namun, pelaksanaan Semester Pendek masih dirapatkan dan belum ada keputusan untuk mekanismenya akan seperti apa.

     

Penyampaian materi tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab yang berakhir pada pukul 17.30, sebelum meninggalkan ruangan para peserta Academic Discussion diminta untuk menuliskan aspirasi untuk Informatika.

Terima kasih atas aspirasi dan kehadiran teman-teman semua!

#SatuPaduInformatika

Featured Posts

[ H-1 BIT IF ]
Wah, ga terasa nih rangakaian pertama BIT-IF tinggal sehari lagi Ayo persiapkan dirimu! Nah, kita ada video teaser BIT-IF loh. Yuk kita lihat bareng di: bit.ly/teaser1bitif (Hanya bisa di buka lewat desktop) Untuk pembagian ruang kelas besok, bisa dilihat di: bit.ly/ruanganbitif1 Masih bingung dengan penugasan pertama kemarin? Silahkan cek di: bit.ly/tugas1bitif Untuk Tata Tertib dan ketentuan barang bawaan, bisa di cek di: bit.ly/tatibdanbawaanbitif1 Jangan lupa untuk memakai twibbon resmi BIT-IF ya. Twibbon dapat diunduh: bit.ly/downloadtwibbonbitif
[LOWONGAN PEKERJAAN KPK]
Dalam mencapai dan mewujudkan tujuan dari KPK, pada bulan Oktober tahun 2016 ini KPK kembali membuka kesempatan berkarir dan berkarya bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk mengisi posisi jabatan pekerjaan yang sedang dibutuhkan dalam lowongan yang ada saat ini.