Berita

Sudahkah Kamu Menggunakan Media Social dengan Benar?

Belakangan ini, media online Indonesia dihebohkan dengan kasus pembullyan dunia maya terhadap seorang gadis SMA asal Medan. Kabarnya, pembullyan tersebut hingga menyebabkan ayahnya meninggal dunia.

Usut punya usut, penyebab pembullyan tersebut berawal karena video yang mana berisi pembentakan olehnya terhadap seorang Polwan saat ditilang, beredar di dunia maya. Sebuah alasan yang sepele, yang sebenarnya tidak pantas dibayar dengan nyawa ayahanda tersayang, bukan?

Setelah video tersebut beredar, netizen seakan menutup mata terhadap kesalahan diri sendiri dan serta merta menyalahkan gadis malang tersebut. Semua komentar pada account instagramnya berisi cacian dan hujatan, tak peduli account tersebut asli atau fake account.

Sejak media sosial menjadi sebuah kebutuhan dikalangan masyarakat dan menjadi bagian dari gaya hidup, ada saja kasus yang menghampiri penggunanya, makin hari, makin beragam. Salah satunya adalah cyber bullying. Tidak hanya di Indonesia, cyber bullying seakan menjadi trend di dunia.

Berawal dari kebencian oknum-oknum tidak bertanggungjawab—yang biasanya adalah kebencian tak berdasar, membuat korbannya menjadi stress dan depresi, dan tak jarang malah berujung dengan kematian.

Informatics, bagaimana menurut kalian?

Apakah pantas menggunakan media sosial yang sejatinya digunakan untuk menyambung silaturahmi dan mendekatkan hubungan, malah digunakan sebagai media bullying, apalagi jika dilakukan secara anonimus.

Karena kerap kali dilakukan secara anonimus, maka pelaku cyber bullying biasanya susah dilacak, dan lagi, penyebaran informasi melalui media sosial sangat cepat, sehingga nyaris tidak mungkin untuk menghentikannya.

Nah, sebagai calon penerus bangsa dan bagian dari pengguna media sosial, yuk kita semakin bijak dalam menggunakan media sosial. Gunakan media sosialmu untuk berbagi yang baik dan berguna bagi diri kalian dan orang lain.

Stop cyber bullying! Karena seremeh apapun jenisnya, bullying tetaplah bullying, dan kalian tidak akan tahu bagaimana efeknya terhadap korban dan/atau orang sekitarnya.

Yuk, sekarang lihat isi media sosial kalian. Sudahkah kalian menggunakannya dengan benar?

Featured Posts