Berita

Hasil Forum Mahasiswa dan Birokrat

Hai informatics!

Gimana kabarnya? Walau UAS terus menggempur, semangatmu tidak boleh padam ya!

Nah, disini, kita mau membahas tentang Hasil Forum Mahasiswa dan Birokrat yang membahas tentang akademik dan kurikulum, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman semua.

Forum dibuka dengan sambutan dari Bapak Tanzil Furqon. Beliau sangat senang dengan diadakannya forum ini, harapan beliau, forum yang ada dapat dijadikan sebagai jembatan antara mahasiswa dan birokrat serta dapat menjaring aspirasi-aspirasi mahasiswa FILKOM, khususnya, mahasiswa Informatika. Selain itu, beliau mengharapkan akan adanya ide-ide dan sharing serta diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Nah, apa aja sih yang dibahas pada forum tersebut?

Ternyata, ada banyak informasi dan pembahasan, lho. DIantaranya adalah mengenai kurikulum, akreditasi, rencana dan strategis, perkuliahan di hari Sabtu, tenaga pengajar yang dirasa kurang, pembagian KRS yang kurang tepat sasaran, buku pedoma, kinerja akademik, sampai persiapan perubahan akreditasi.

Kita review satu per satu yuk!

Yang pertama, mari kita bahas tentang rencana program kerja prodi Teknik Informatika.

Ternyata, rencana strategis dan program kerja jurusan belum tertulis secara definit. Namun, secara singkat dapat disimpulkan bahwa tugas dan fungsi antara fakultas dan progarm studi baru membahas hal-hal yang bersifat urgent atau penting. Misalnya, penjadwalan KRS, dan kurikulum di ranah prodi.

Menurut narasumber, rencana dan strategis terdekat akan dirumuskan setelah UBIT gathering. Sekarang, sedang memfokuskan untuk penyusunan perincian tugas pokok dan fungsi untuk program kerja. Hal ini disebabkan karena organisasi dan tata kerja baru yang mendadak, sehingga tidak semua dapat langsung diselesaikan.

Nah, setelah mendengar penjelasan tersebut, teman-teman sudah mengerti, 'kan alasannya?

Yuk, kita lanjut membahas permasalahan yang kedua dan sangat menarik, khususnya bagi teman-teman yang sudah mengambil keminatan dan terkena transisi kurikulum.

Kendalanya adalah ada beberapa mata kuliah keminatan yang awalnya dibuka di semester ganjil, diubah menjadi semester genap. Dampaknya? Kita harus menunggu 1 semester lagi untuk mengambil mata kuliah tersebut.

Dalam forum ini, ada klarifikasi dari pihak birokrat, Beliau meminta maaf atas kekurangan tersebut. Alasannya adalah karena banyak dosen yang studi lanjut sehingga tenaga pengajar berkurang. Namun, tenang aja, karena pihak birokrat pastinya tidak tinggal diam. Masih berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi pada bahasan sebelumnya, birokrat akan melakukan pengelolaan sumber daya. Harapannya adalah kebutuhan akan tenaga pengajar dapat dipetakan. Salah satu jalan keluarnya adalah dengan merekrut dosen luar biasa sebagai dosen pengganti. Dosen-dosen ini bukan merupakan dosen FILKOM, namun mahir dibidangnya masing-masing.

Rencananya, akan ada kuisioner matakuliah agar ada gambaran pemetaan kelas, dengan harapan kebutuhan pengajar dan kebutuhan kelas seimbang. Yeay!

Semester transisi memang berat, misalnya, dengan pengubahan mata kuliah semester ganjil ke semester genap seperti sekarang ini. Tapi, harus tetap semangat ya! Birokrat juga berjuang, kok.

Lalu, kenapa matakuliah keminatan masih kekurangan kelas?

Jadi, pihak birokrat kurang bisa memperhitungkan kelas yang harusnya dibuka, guys. Pembukaan kelas diproritaskan yang mahasiswanya banyak. Selain itu, adanya remunerasi, sehingga, jumlah jam mengajar dosen harus dibatasi. Teman-teman juga pasti merasakan padatnya FILKOM kalau sudah memasuki jam kuliah, 'kan? Yap, ruang kelas kita terbatas dan gedung baru yang rencananya sudah bisa dipakai, ternyata masih jadi angan. Semoga gedung kita bisa segera dipakai, ya.

Dan, yang dijadikan beban oleh banyak mahasiswa FILKOM: Kuliah di hari Sabtu!

Rindu saat hari Sabtu adalah hari mengerjakan laporan? Kenapa sih, ada kuliah di hari Sabtu?

Tidak hanya mahasiswa yang merasa "terpaksa", kok. Dengan segala pertimbangan dan pemikiran masak, pihak birokrat juga terpaksa mengadakan kuliah di hari Sabtu. Di forum ini juga beliau secara langsung memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan ada kabar gembira! Keputusan kuliah di hari Sabtu ini hanya untuk sementara, yaitu pada semester ini saja. Semoga dapat direalisasikan ya!

Nah, itu tadi review dari hasil forum mahasiswa dan birokrat. Harapannya adalah mahasiswa dan birokrat dapat menjadi satu padu yang saling membantu dan dapat bekerja sama menuntaskan masalah-masalah jurusan dan prodi. Siap menjadi satu padu dengan seluruh civitas FILKOM?

 

Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa
Eksekutif Mahasiswa Informatika UB 201
Inovasi Berdedikasi
#SatuPaduInformatika

Featured Posts

[ H-1 BIT IF ]
Wah, ga terasa nih rangakaian pertama BIT-IF tinggal sehari lagi Ayo persiapkan dirimu! Nah, kita ada video teaser BIT-IF loh. Yuk kita lihat bareng di: bit.ly/teaser1bitif (Hanya bisa di buka lewat desktop) Untuk pembagian ruang kelas besok, bisa dilihat di: bit.ly/ruanganbitif1 Masih bingung dengan penugasan pertama kemarin? Silahkan cek di: bit.ly/tugas1bitif Untuk Tata Tertib dan ketentuan barang bawaan, bisa di cek di: bit.ly/tatibdanbawaanbitif1 Jangan lupa untuk memakai twibbon resmi BIT-IF ya. Twibbon dapat diunduh: bit.ly/downloadtwibbonbitif
[LOWONGAN PEKERJAAN KPK]
Dalam mencapai dan mewujudkan tujuan dari KPK, pada bulan Oktober tahun 2016 ini KPK kembali membuka kesempatan berkarir dan berkarya bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk mengisi posisi jabatan pekerjaan yang sedang dibutuhkan dalam lowongan yang ada saat ini.