Berita

Notulensi Forum Diskusi Akademik Informatika 2018 (KRS, SA, dan Keminatan)

Notulensi Forum Diskusi Akademik Informatika (9 Mei 2018)

 

Bahasan :

  1. Materi KRS
  2. Materi SA
  3. Materi Keminatan
  4. Filkom Apps

 

Sambutan dari Bapak Bayu Priyambadha, S.Kom, M.Kom

Keminatan di TIF ada 4 yaitu RPL, KBJ, KC, dan MGM. Penting untuk mengetahui lebih awal tentang keminatan ini karena keminatan juga penting buat skripsi

Materi KRS dan Semester Antara

Oleh : Bapak Heru Nurwasito, Ir., M.Kom

Minggu depan sudah bisa mulai pendataan semester pendek dan pra KRS, tinggal nunggu kesiapan dari PSIK. (berlaku umum)

Pendataan dilakukan agar akademik tau masing-masing dari mahasiswa perlu gak mengulang mata kuliah di semester pendek, diharapkan tidak perlu, ikut saja semester reguler, karena SP itu waktu liburan, harus bayar, dan seharusnya waktu liburan bisa berkarya pada hal-hal yang lain di luar kampus. Semester pendek itu diperlukan jika nilai yang didapatkan kurang, dengan begitu mahasiswa terpaksa melakukan SP dan sudah terbatas waktunya, bisa juga karena IPnya kurang. Pendataan adalah apa yang mahasiswa mau terkait dengan pendataan (untuk kebutuhan SP) agar akademik dapat mengetahui matkul apa saja yg diinginkan mahasiswa pada saat SP. Kalau tidak ada pendataan di mata kuliah tertentu berarti matkul tsb tidak akan dibuka pada SP.

Pra KRS adalah mata kuliah yang di program oleh mahasiswa di KRSnya nanti pada semester ganjil. PraKRS dilakukan sebagai fungsi pendataan pada KRS untuk mengetahui kebutuhan kelasnya. Sehingga kasus-kasus semester lalu tidak terulang. Jika kelas dibuka semua nanti akan ada kekosongan kelas, maka dari itu tidak langsung dibuka semua kelas (agar lebih efisien).

PraKRS dan pendataan secara resmi dimulai dari tanggal 21 Mei 2018. Untuk SP, mekanismenya nanti pendataan dulu selanjutnya baru pendaftaran. Mekanismenya sudah di share di web FILKOM. Untuk praKRS dan SP itu dimulai dengan waktu yang bersamaan. Sehingga bisa sekalian untuk konsultasi ke dosen PA. SP bisa dilakukan untuk mengulang dan untuk mata kuliah baru namun tidak boleh mata kuliah yang berpraktikum bagi mata kuliah baru namun boleh mengambil mata kuliah yang berpraktikum jika sudah pernah mengambil mata kuliah tersebut dan nilai praktikum diatas 60.

Komponen nilai wajib buat seluruh dosen untuk dimasukkan ke SIAM (minimal 3 komponen). Jika dosen tidak memasukkan nilai pada SIAM bisa di complain langsung.

Untuk SP maksimal sks yang diambil adalah 9 sks. Mata kuliah yang di isi pada pendataan harus sama dengan SP yang akan diambil. Tidak boleh berbeda kecuali mata kuliah yang diisi pada pendataan tidak dibuka dan hanya boleh berbeda maksimal 2 mata kuliah. Untuk 1 sks harganya Rp125.000. Tidak ada pengembalian uang dengan alasan apapun.

Jika jadwal sudah keluar, maka masuk ke FILKOM Apps untuk melakukan pendaftaran (harus sesuai). Melakukan pembayaran ke bank. Kuliah SP akan diadakan pada tanggal 25 Juni sampai 20 Juli 2018.

Daftar ulang dilakukan pada saat UAS selanjutnya konsultasi ke dosen PA. Ketentuan Pra KRS mengacu pada IPK. Hal yang paling penting, jika ada masalah keuangan silahkan diurus dulu Pra KRS nya. Jadi nanti waktu pembayaran tidak ada keterlambatan. Jika terlambat maka resiko ditanggung sendiri, tidak ada perpanjangan pendaftaran. Perubahan mata kuliah di KRS dapat dilakukan pada minggu pertama kuliah. Perkuliahan dimulai tanggal 20 Agustus 2018. Selesai proses batal tambah, kemudian pencetakan KRS, dan setelah itu melakukan validasi KRS. Validasi itu akses dari dosen PA yang mengakses KRS mahasiswa. Jika belum divalidasi sampai waktu yang ditentukan maka dianggap mahasiswa tidak mengambil mata kuliah pada semester tersebut.

 

Materi FILKOM Apps

Oleh : Bapak Denny Sagita Rusdianto, S.Kom, M.Kom

PraKRS

Login sebagai mahasiswa, ada menu akademik yang bisa diakses. Nanti ada jadwal di pra KRS atau SP. Pendataan ada waktunya jadi kalau sudah ditutup berarti mahasiswa tidak bisa melakukan pendataan lagi. Pendataan yang dilakukan mahasiswa akan berdampak dengan jumlah kelas yang akan dibuka sehingga diharapkan tidak ada lagi mahasiswa yang tidak mendapatkan kelas.

Mata kuliah yang diisi pada PraKRS tidak boleh jauh berbeda (maksimal 2 matkul aja yg berbeda). Jika berbeda maka akan diberi sanksi. Ambil mata kuliah yang sesuai dengan persyaratan yang ada di buku pedoman FILKOM, kalau tidak nanti akan beresiko kedepannya. Contohnya jika mau ambil mata kuliah RPL maka mahasiswa harus sudah mengambil mata kuliah APS. Hal itu dikarenakan pada sistem belum bisa berintegrasi dengan SIAKAD terkait mata kuliah yang sudah diambil. Pengambilan matkul pada saat praKRS mengacu pada IPK.

Jika sudah melakukan praKRS maka klik tombol verifikasi KRS. Jika sudah begitu, maka mahasiswa sudah tidak bisa merubah mata kuliah yang diambil. Jika memang benar mau mengganti mata kuliah, bisa menghubungi dosen PA jika masih dalam waktu untuk melakukan praKRS.

Di sistem bisa melihat mata kuliah yg diisi pada saat praKRS dan diisi pada saat KRS. Disarankan untuk tidak mengambil mata kuliah yang berbeda pada saat KRS karena nanti akan ada sanksinya.

Semester Antara

Semester antara, mekanismenya ada pendataan dan pendaftaran. Nanti ada kolom status menginfokan kelas dibuka atau tidak. Jika kelas tidak dibuka maka akan diberitahu ke mahasiswa melalui email atau sms.

Ada 2 kategori yaitu mengulang atau mengambil mata kuliah baru.

Ketika mendaftarkan pada SA, upload 3 file yaitu bukti pembayaran, form pendaftaran, dan surat praktikum (scan semua). Nanti dari pihak akademik akan mengecek berkas tersebut apakah valid atau tidak. Jika ada kesulitan bisa ke langsung menanyakan PSIK.

 

Tanya Jawab

  1. Pertanyaan 1
    PraKrsa dilakukan waktu kita beum mengetahui nilainya, itu bagaimana?
    Jawab :
    Untuk praKRS dasarnya adalah IPK, tidak berpengaruh pada nilai yang belum keluar. IPK yang dipakai untuk menghitung beban dalam melakukan pra KRS. Antara pra KRS dan KRS boleh perbedaan maksimal 2 matakuliah (bisa plus bisa minus). Jika IP yang didapatkan naik bisa menambah matkul. Jika IP nya turun, maka bisa mengurang matkul yang diambil pada saat PRA KRS.Untuk praKRS kelas tidak mungkin habis, tapi waktu KRS bisa saja tidak dibuka semua sekaligus. KRS online bisa di koordinasi dengan Advokesma dan Advokesma akan mengkoordinasikan dengan jurusan masing-masing.


     

  2. Pertanyaan 2
    Terkait praKRS, maka ada input dari mahasiswa, apakah akan ada rebutan kelas lagi atau apakah kelas dapat penuh lagi? Jika ada dosen PA ada yang susah dihubungi, itu bisa complain kemana?
    Jawab:
    Bisa terjadi pada saat KRS online ada rebutan waktu lagi, mudah-mudahan server bisa menampung. Kalau untuk kelas habis itu tidak ada. Tidak ada pembatasan kelas pada saat praKRS. Kemungkinan sever penuh itu bisa terjadi.
    Jika dosen PA susah dihubungi maka bisa di complain ke Kepala Jurusan melalui e-complain. Nanti akan ada crosscheck. Dosen yang menyandang status PNS diwajibkan masuk setiap hari. Jadi tidak ada alasan dosen itu tidak bisa ditemuin atau susah dihubungi.
     

  3. Pertanyaan 3
    PraKRS dan SA itu dilakukan pada saat UAS, dan mahasiswa merasa mata kuliah yg diambil di uas tadi itu kurang bagus dan berniat untuk mengambil SA. Dan pada saat nilai keluar, mata kuliah tersebut ternyata nilainya bagus itu bagaimana?
    Jawab :
    PRA KRS dan KRS bisa berbeda maksimal 2 mata kuliah saja. Jika lebih maka akan dikenakan sanksi. Jika ingin mengambil SA ambil mata kuliah yang sudah pernah ditempuh, yang sudah tau nilainya. Jangan mengambil mata kuliah yang mahasiswa tempuh sekarang karena belum tau nilainya agar lebih aman dan tidak dikenakan sanksi.

 

 

Materi Keminatan

Mengambil keminatan itu biasanya diambil karena banyak temen-temen yang ngambil keminatan tersebut atau omongan dari kating. Diharapkan mahasiswa mengambil mata kuliah yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Mata kuliah keminatan minimal harus mengambil 6 matkul agar bisa melakukan seminar hasil. Jadi mahasiswa diharapkan sudah mempertimbangkan dari awal mau mengambil keminatan apa. Walaupun bisa berubah tapi berubahnya itu di awal jangan di akhir.

 

 

Rekayasa Perangkat Lunak

Oleh : Bapak Bayu Priyambadha, S.Kom, M.Kom

RPL adalah keminatan yang mempelajari prinsip ketehnikan. Bagaimana software dikembangkan dengan ketehnikan. Mengembangkan software tidak hanya ngoding saja (tidak cukup dengan ngoding saja). Tujuan akhir dalam membuat sistem aplikasi ini adalah sistem tersebut berkualitas. Sangat disayangkan jika hanya membuat software saja namun tidak berkualitas. Ada analisis, perancangan, implementasi, pengujian. Konsen utama RPL adalah 4 hal tersebut. Bagaimana melakukan 4 hal tersebut dengan baik. Ketika di RPL, lulusannya akan menjadi Software engineer dan software developer.

Untuk mengarah kesana, mampu menerapkan prinsip-prinsip ketehnikan.

Kurikulum yg mengarahkan dengan kompetensi pada Tenik Informatika.

  • Interaksi Manusia dan Komputer
  • Sistem Basis Data
  • Arsitekur dan Perancangan Sistem
  • Pemrograman Web
  • Rekayasa Perangkat Lunak (menjadi dasar, menggambarkan seluruh fase)
  • Rekayasa dan Manajemen Kebutuhan (bahas fase analisis kebutuhan seperti apa)
  • Rekayasa Pengetahuan
  • Administrasi Basis Data
  • Arsitektur Aplikasi Enterprise
  • Basis Data Terdistribusi
  • Kualitas dan Kehandalan Perangkat Lunak
  • Manajemen Proyek Perangkat Lunak
  • Pengujian Perangkat Lunak
  • Perancangan User Experience (ada kaitannya dengan IMK, bagaimana membuat user interface yang memadai)
  • Pola-Pola Perangcangan (dasarnya di APS)
  • Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
  • Metode Formal dalam Rekayasa Perangkat Lunak (scientist di RPL)
  • Rekayasa Embedded System
  • Web Semantik
  • Basis Data Terapan

Dari mata kuliah tersebut, diarahkan mahasiswa menjadi enterpreneur, researcher, IT project manager, IT consultant, Software Specialist, Software Developer.

 

Komputasi Cerdas

Oleh : Bapak Muhammad Tanzil Furqon, S.Kom, M.CompSc – menggantikan Bapak Arief Andy Soebroto, S.T, M.Kom

Komputasi Cerdas menurut FILKOM, penyelesaian permasalahan di dunia nyata dengan pendekatan komputasi (menggunakan komputer sebagai alat) dengan menggunakan rumus matematika. Metode cerdas metode yang mempunyai kemampuan learning. Ada beberapa metode yang memiliki kemampuan untuk belajar (contohnya robot cerdas).

Input : data faktual (observasi, sampling, dsb)

Output : Aplikasi pada program untuk menyelesaikan masalah

Mahasiswa memahami algoritma dan mampu untuk mengimplementasikannya (membuat program). Harapannya di KC kemampuan pemrograman dasar dan pemrograman lanjut bisa diaktualisasikan.

Topik Komputas Cerdas

  • Sistem Pendukung Keputusan
  • Data Mining
  • Sistem Pakar
  • Optimasi
  • Text Mining
  • Computer Vision

Mata Kuliah di KC

  • Kecerdasan Buatan (inti dari KC, banyak prasyarat KC adalah KB)
  • Pengenalan Pola
  • Pengolahan Citra Digital
  • Text Mining
  • Sistem Pakar
  • Logika Fuzzy
  • Sistem Pendukung Keputusan
  • Visi Komputer
  • dsb

Profil Lulusan

  • Enterpreneur
  • Researcher
  • IT Consultant
  • Intelligent System Specialist (specific ke KC)
  • Big Data Specialist (specific ke KC)
  • Data Scientist (akan banyak menggunakan algoritma yang dipelajari pada KC – cukup menjanjikan dan banyak dicari)

Di KC, dituntut untuk membuat program (ada input dan output) tampilan tidak harus bagus.

 

Multimedia, Game, dan Mobile

Oleh : Bapak Agi Putra Kharisma, S.T, M.T

Memilih keminatan harus ada tujuannya (Buku Pedoman Bab 2). Cari yang kira-kira bisa lulus paling cepat dan sesuai dengan keminatan. Kalau sudah sesuai dengan minat pasti akan lebih mudah.

MGM adalah Gabungan antara keminatan Game dengan keminatan Mobile (sejak 2016). MGM ini termasuk keminatan yang paling terapan, berupa problem solving berbeda dengan keminatan yang lain yang bersifat keilmuan. MGM karakternya lebih implementatif. Keminatan ini lahir dari perkembangan teknologi, karena pada sekarang ini aplikasi mobile sudah banyak digunakan. Sekarang adalah era berfase computing (komputer dibawa kemana-mana). Ada era berikutnya yaitu komputer ada dimana-mana.

Mobile adalah keminatan yang mempelajari pada kasus komputer yang dibawa kemana-mana

Game unsurnya bisa dibawa ke aplikasi apa saja. Membuat perangkat lunak yang bisa memuaskan pengguna dan membuat pengguna kecanduan dengan perangkat lunak tersebut (User Ecstacy)

MGM ada dua aliran, mobile saja, game saja, atau keduanya, bisa dipilih sesuai dengan minat mahasiswa. MGM hampir sama dengan RPL hanya saja MGM lebih spesifik. MGM bisa dikatakan sebagai bentuk spesifik dari RPL dan KC, Perangkat bergerak yang dipelajari di MGM adalah smart watch, smart tv, dsb.

Yang berminat pada game akan mendapatkan pelajaran pengembangan game, gamification, memelihara suatu game, dan evaluasi game (jika ada kekurangan maka akan diperbaiki).

MGM dibagi menjadi matkul lanjutan, matkul terapan, matkul pendamping. Terdapat 2 matkul wajib (Sistem Multimedia dan Pemrograman Platform Khusus) yang mencakup inti dari MGM.

Matkul Spesifik Mobile

  • PAPB
  • PAPB Lanjut
  • Rekayasa Aplikasi Perangkat Bergerak

Matkul Spesifik Game

  • Perancangan Game
  • Dsb

Beberapa Judul Skripsi MGM

  1. Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Obesitas Untuk Anak
  2. dsb

Profil Lulusan MGM

  • Game Specialist
  • Mobile Application Specialist
  • Enterpreneur
  • Researcher
  • Software Developer

 

Komputasi Berbasis Jaringan

Oleh : Bapak Eko Sakti Pramukantoro, S.Kom, M.Kom

Profil Lulusan : network specialist dan network security specialist

Dalam implementasi, network specialist dibagi menjadi 2, yaitu : Network Engineering dan Netwok Administrator.

Mata Kuliah dalam Jaringan

  • Mata Kuliah Dasar
  • Sistem Operasi
  • Jaringan Komputer
  1. 5 dasar dari OSI (menjadi dasar untuk mata kuliah diatasnya)
  • Kemananan Informasi (lebih mendukung dengan network security specialist)
  • Mata kuliah Keminatan
  • Bisa dilihat di buku pedoman

Network engineer kompleksitas kerjanya lebih tinggi daripada network administrator. Jangan mengambil keminatan krn temen, kasian dosennya juga.

Diskusikan dengan dosen PA, interest di keminatan apa

Di KBJ ada network development life cycle, membangun sebuah network itu berbeda dengan membangun sebuah software.

Jika suka ke security ambil matkul yang sesuai aja tidak harus semua seperti Kriptograpfi dan lain lain.

Mata kuliah yang diambil akan menjadi dasar dari skripsi

Topik dari KBJ adalah 5 layer pada OSI. Fokusnya hanya disitu.

 

Tanya Jawab :

 

  1. Pertanyaan 1
    Bagaimana tips and tricks pada saat mengambil keminatan. Parameter apa saja yang bisa dilihat agar tidak salah dalam memilih keminatan.

    Jawab :

    (pak Eko)
    Passion

    (pak Tanzil)
    pertanyaannya bisa menjadi topik skripsi di KC.
    Follow Your Heart. Tinggal diikutin aja, tentunya sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu masing masing dari keminatan.

    (pak Bayu)
    Berawal dari minat, sukanya apa. Sukanya keminatan apa. Untuk suka harus tau, harus kenal. Cobalah kenal lebih dalam masing-masing keminatan, tau karakteristiknya, jangan ikut teman.

    (pak Agi)
    Selain passion bisa dilihat dari nilai juga, kalau waktu kuliah suka disitu, jadi ambil keminatan dari matkul tersebut. Konsultasi juga dengan dosen PA

    (pak Denny)
    Termasuk yg gagal keminatan, s1 dan s2 itu KC, tapi karena banyak project maka tau minat di RPL. Pilih mana yang menurut anda paling cepat dan enjoy. Nilai juga belum tentu sesuai dengan minatnya. Kembali ke diri masing-masing. Skripsi harus pinter milih dosen. Keminatan harus pinter mana yang bisa bikin cepat lulus.

     

  2. Pertanyaan 2
    Sebelumnya, sempat mendengar ada matkul Keamanan Informasi dan Keamanan Jaringan. Apa perbedaan yang paling mendasar dari dua matkul tersebut?

    Jawab :

    Jawabannya sudah ada di buku panduan
    Keamanan Informasi adalah matkul wajib – bicaranya tentang konsep basic piral keamanan jaringan itu sendiri.
    Keamanan Jaringan – lebih fokus dengan komunikasinya.
    Network Engineer (merancang jaringan) dan Network security (mengamankan jaringan tersebut, mengurusi kemanan jaringan agar tidak bisa di baca oleh orang lain)

 

Link PPT : 

https://bit.ly/PPTDiskusiAkademik