Agenda

Notulensi Seminar Beasiswa PKL dan S2 (16 November 2018)

Notulensi Seminar Beasiswa PKL dan S2 (16 November 2018)

Gapai Mimpimu, Jelajahi Dunia dengan Beasiswa

 

Pemateri Pertama :

Andi Indra Saputra Alamsyah S,Pd

  • Koordinator awardee di Universitas Brawijaya.
  • Berasal dari Bone. Lulus di Universitas Negeri Makassar. Sekarang sedang kuliah di Fakultas Ilmu Administrasi UB.

 

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

 

LPDP merupakan lembaga penyedia beasiswa. Terdapat 3 komponen pada LPDP:

  1. Beasiswa
  2. Pengembangan Dana
    Pengelolaan dana abadi yang tidak ada habis-habisnya. Dana ini berasal dari pajak atau dari APBN dan dikumpul dan dikelola (dana abadi). Dana untuk beasiswa berasal dari sini.
  3. Beasiswa Riset / Dana Riset
    Biasa dikhususkan untuk orang-orang yang mempunyai penelitian atau riset berkaitan dengan pembangunan Indonesia

 

Kenapa orang – orang ingin mendaftar beasiswa LPDP?

Pada LPDP semua di biayain mulai dari biaya hidup, SPP, uang buku, biaya trasportasi dari kampung ke tempat kuliah, uang pendaftaran, biaya pendukung, dan bahkan keluarga dibiayain (untuk S3). Semuanya di biayain.

Apa saja yang penting untuk dipersiapkan?

  1. Niat dan Mental
    Semua yang dilakukan berdasarkan dengan niat
  2. Kepekaan dan Kontribusi yang Konkret dan Logis
    Apa yang anda telah berikan untuk Indonesia?
  3. Restu dari Orangtua

 

Sebaran Penerima beasiswa LPDP saat ini terdapat 19000 mahasiswa yang ada di seluruh dunia

Jenis Beasiswa pada LPDP :

  1. Beasiswa Reguler
    Siapapun boleh daftar. Kemampuan bahasa asing menjadi patokan (TOEFL/IELTS). Untuk magister 500 TOEFL ITP dalam negeri. Untuk Doktor 530 TOEFL ITP. TOEFL ITP hanya dipergunakan untuk dalam negeri.
  2. Beasiswa Afirmasi
    Harus memenuhi persyarat tertentu. Dikhususkan, yaitu 3T – daerah afirmasi, semua SD sampai SMA didaerahnya. Bersedia untuk kembali ke daerahnya. Minimal 400 TOEFL ITP.
    • Beasiswa Bidikmisi
    • Beasiswa Afirmasi Prasejahtera
      Diperuntukkan untuk mahasiswa yang tidak mampu. Penghasilan dibagi jumlah keluarga gak sampai Rp 750.000 per orang. TOEFL ITP minimal 400
    • Beasiswa untuk PNS, POLRI
    • Beasiswa Unggulan Dosen
    • Beasiswa Penyandang Disabilitas
    • Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni dan kebudayaan.
  3. Beasiswa Santri
    Merupakan program baru dari LPDP. Dikhususkan bagi mahasiswa yang pernah mondok (minimal pernah mondok 3 tahun terakhir). Pendaftaran dibuka dari 15 November 2018 sampai 21 November 2018. Pernah menerima Beasiswa Santri berprestasi. Minimal TOEFL ITP 400.
  4. Beasiswa Dokter Spesialis

 

 

Statement of Purpose pada Dokumen Pendaftaran

Statement Purpose – apa yang telah anda berikan kepada bangsa. Misalkan pernah menjadi ketua suatu organisasi, pernah menjadi ketua KKN, atau pernah menjadi volunteer. Cerita tentang kontribusi apa yang telah di perbuat. Jelaskan secara rinci kontribusi yang riil. Ide kontribusi juga bisa menjadi statement of Purpose dan ide kontribusi tersebut harus dilaksanakan. Biasanya yang punya visi akan diluluskan.

Proses Penerimaan Beasiswa LPDP

  1. Seleksi Administrasi
    Semua dokumen harus dipenuhi. Kalau ada yang tidak terpenuhi akan langsung ditolak oleh LPDP.
  2. Seleksi Berbasis Komputer
    Lebih kepada keperibadian dan wawasan umum. Terdapat essay on the spot. Dikasih tema terkait isu terkini dan disuruh membuat essay menurut pandangan sendiri dilakukan secara online di gedung keuangan negara
  3. Seleksi Substansi
    Ada 2 jenis LGD dan tes wawancara. LGD – diskusi dengan 10 pendaftar lainnya tentang isu terkini. Tes wawancara – professional, psikolog, dan akademisi.Kalau udah lulus seleksi substansi otomatis jadi penerima LPDP. Dan setelah lulus ada tahapan tahapan lainnya.

Ketika menjadi alumni, LPDP tidak akan melepas begitu saja. Terdapat Mata Garuda – organisasi yang mengumpulkan alumni dari LPDP (berbagi jejaring). Tetap menjadi keluarga LPDP walaupun sudah lulus.

Terdapat juga program pengayaan bahasa – yang bisa diikutin untuk beasiswa afirmasi agar mendapatkan toefl 500. Program ini dilakukan selama 6 bulan (dibiayain dari LPDP sendiri).

Pertanyaan :

  1. Persyaratan dokumen butuh rencana studi dan sertifikat bahasa. Rencana studi itu maksudnya bagaimana?
    Jawab :
    Persyaratan itu dari LPDP sendiri. Beasiswa Reguler TOEFL ITP 500 untuk dalam negeri. Kalau luar negeri berbeda. Rencana studi itu berisi mata kuliah apa yang akan kalian ambil. Jadi sebelumnya sudah survey mata kuliah apa yang akan kalian ambil dan gambaran thesis yang ingin diambil. Hal tersebut nanti akan ditanyakan pada saat wawancara.
     
  2. LPDP bisa megajukan saat sudah keterima kampus atau belum? Apakah mendapatkan prioritas lebih jika sudah keterima di kampus dan mengajukan beasiswa LPDP. Dan apakah kita harus ke Indonesia jika sudah selesai dan apa bisa tinggal di luar negeri dan bekerja di Indonesia secara remote?
    Jawab :
    Semua perlakuan sama. Tidak ada perhatian khusus kepada orang yang sudah mendapatkan LOA terlebih dahulu. Bisa jadi nilai plus untuk anda sendiri akan tetapi bukan nilai plus dari LPDP. Untuk penerima besiswa LPDP di luar negeri, banyak yang sudah nyaman tinggal di luar negeri dan belum kembali ke Indonesia. Dan sampai sekarang belum ada sanksi. Tapi balik lagi, kita sudah ada kontrak agar balik ke Indonesia setelah lulus, kita sudah dikasih uang dari negara dan seharusnya balik lagi ke Indonesia.
     
  3. Banyak sekali mahasiswa yang tidak berani untuk mengambil kesempatan. Apakah LOA untuk setiap kampus berbeda-beda?. Toefl yang berlaku apakah IBM?
    Jawab :
    Sekarang untuk beasiswa luar negeri tidak bisa memakai TOEFL ITP (TOEFL ITP hanya bisa untuk dalam negeri). TOEFL IBT dan IELTS lebih kuat untuk ke luar negeri. Masing – masing kampus berbeda untuk mendapatkan LOA. Ada yang megumpulkan dokumen saja bisa mendapatkan LOA, ada juga yang harus teleconference dan semua berbasis email.
     
  4. Apakah jika kita sudah kembali ke Indonesia kita sudah terjamin pekerjaannya atau dilepas begitu saja?
    Jawab : 
    Terdapat Mata Garuda. Setelah menjadi alumni dari LPDP tidak akan lepas begitu saja. Ada pengembangan alumni, Welcoming Alumni, ada program Alumni Management dan Talent Management. Untuk pekerjaan, beasiswa LPDP ini tanpa ikatan dinas tapi harus kembali ke Indonesia. Beasiswa ini untuk persiapan SDM di Indonesia untuk tahun 2045. Untuk pekerjaan itu kembali ke diri sendiri mau bekerja dimana.

    Tidak ada mimpi yang ketinggian, yang ada itu usaha yang kerendahan,.
     
  5. Salah satu syarat dokumen adalah menekankan untuk bisa TOEFL. Misalkan mendapat beasiswa di negara yang mayoritas tidak menggunakan bahasa inggris. Apakah LPDP akan membimbing dalam mempelajari bahasa yang digunakan di negara yang mayoritasnya tidak menggunakan bahasa Inggris?
    Jawab : 
    Mahasiswa Internasional menggunakan bahasa inggris. Dosen-dosennya juga menggunakan bahasa inggris. Untuk belajar bahasa lain tidak disediakan oleh LPDP.
     
  6. Beasiwa LPDP ada untuk S2 dan S3. Kenapa untuk S1 beasiswa LPDP tidak ada?
    Jawab : 
    Secara umum, banyak penyedia beasiswa S1 dari lembaga manapun, baik dari pemerintah maupun tidak. LPDP ingin mengembangkan SDM, yang udah tau profesinya, yang bisa berpengaruh ke ekonomi Indonesia. LPDP lebih fokus ke SDM yang akan menjadi profesi atau yang sudah menjadi profesi.
     
  7. Apakah yang sudah menjadi penerima beasiswa S2 dari LPDP mendapatkan kemudahan untuk mendaftar beasiswa LPDP S3?
    Jawab : 
    Dulu ada kemudahan pada tahun 2016 yaitu beasiswa lanjutan dari S2 ke S3. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Sekarang harus mendaftar lagi dari awal dan tidak ada diprioritaskan ataupun diberi kemudahan. Peraturan dari LPDP bisa berubah setiap tahunnya.

    Jika teman-teman mempunyai keinginan untuk mendaftarkan beasiswa LPDP bisa masuk di grup WA – bit.ly/preparationLPDPUB Pada grup ini nantinya ada mentoring ada event dan kelas yang akan disediakan.

 

Pemateri kedua :

Adam Hendra Brata S.Kom M.T M.Sc

Penerima Beasiswa di National Central University di Taiwan dan penerima Beasiswa Unggulan di Teknik Elektro Universitas Brawijaya.

Mendapatkan 2 beasiswa, yang pertama adalah beasiswa di Teknik Elektro UB dan yang kedua adalah beasiswa di National Central University di Taiwan. Setelah lulus S1 di Teknik Informatika UB, langsung ikut S2 (double degree) 1 tahun di Teknik Elektro UB dan 1 tahun NCU Taiwan. Di Teknik Elektro – Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI, di National Central University – NCU Scholarship. Untuk tiket tidak tercover.

Awalnya pengen kuliah di luar negeri karena bisa pakai kaos dan celana pendek. Motivasi nya simple. Ilmu yang didapatkan di luar negeri dan di dalam negeri itu berbeda. Kuliah di luar negeri itu seru. Bisa jalan-jalan dan dibiayain juga. Ketemu dengan orang-orang yang berbeda negara. Banyak pengalaman baru (makanannya, budayanya, dan belajar bahasa mandarin). Mindset orang di luar negeri itu berbeda. Mindset mereka bisa di bilang aneh tapi pikiran tersebut bisa dijadikan sebuah produk. Awalnya memang susah, tapi kalau sudah dijalanin pasti bisa. Keseruan yang lain adalah ‘Lebih INDONESIA’. Kalau kuliah di luar negeri, jika mendengar kata Indonesia pasti akan terasa banget. Mindset kita akan berubah gimana untuk membuat Indonesia lebih baik. Disana juga bisa menjadi duta Indonesia. Gerak-gerik kita akan di cap dari mereka kalau orang Indonesia itu begitu.

  • Punya target S1 lulus dengan benar
    • Jaga prestasi (IPK min 3.25)
    • Kuasai bidang ilmu yang disukai
    • Berprestasi dan aktif dalam kegiatan non akademik dan akademik
    • Mempunyai softskill dan kepribadian yang baik
    • Kuasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris
  • Cari Info Beasiswa
    ?Info beasiswa itu ada dimana-mana. Jenis beasiswa itu bermacam-macam, pahami itu dan aturannya juga sebelum mengapply beasiswa tersebut. Catat tanggal-tanggal pentingnya.
  • Persiapkan berkas yang dibutuhkan
    • Formulir Pendaftaran
      Setiap beasiswa punya formulir pendaftaran yang berbeda-beda
    • CV
      Riwayat hidup
    • Fotocopy ijazah dan transkrip nilai
      Ijazah UB sudah bilingual
    • Research Interest dan Study Plan
      Minatnya dibidang apa. Di bidang tersebut suka di bidang mananya. Research Interest ini menentukan study plan. Pelajaran apa yang akan diambil. Study Plan akan dijadikan proposal thesis.
    • Letter of Motivation
      Motivasi apa buat kita ingin studi disana. Tujuannya kuliah di luar negeri itu apa.
    • Hasil Tes Bahasa Inggris
      Seluruh beasiswa luar negeri itu standarnya hampir sama.
    • Portofolio
      Isinya pernah bikin produk apa, pernah bikin projek apa.
    • Essai
      Nyambung ke motivation letter. Tujuannya untuk pemberi beasiswa pikiran pendaftar tentang apapun yang lagi happening (isu terkini) di negaranya dan apa solusinya
    • Letter of Recommendation
      Surat rekomendasi dari dosen. Biasanya minimal 2 yaitu dosen yang mengajar di kelas dan dosen pembimbing skripsi.
    • Paspor

 

  • Kuatkan Niat
    Tidak ada sebuah progress yang sekali jalan langsung berhasil. Tetap berusaha dan tetap berdoa. Kalau gagal di satu beasiswa, masih banyak beasiswa yang lain. Jangan menyerah.
  • Berkumpul bersama teman yang saling mendukung mimpi kalian
    Berkumpul dengan orang – orang yang benar karena mereka akan saling mendukung satu sama lain. Jika ada salah satu yang lagi down yang lainnya akan menyemangati.
  • Bersiap untuk wawancara beasiswa
    Biasanya akan dilakukan sebelum tes bidang. Ada 3 orang yang akan menilai. Ada yang ahli di bidang kita, ada yang di bisnis, dan ada yang di bidang kemahasiswaan.

    Menjawab pertanyaan harus dengan bukti yang benar atau dasar dan ilmu kalian. Sebelum daftar ke suatu kampus, lihat track record dari universitas tersebut. Menjawab pertanyaan juga rasional. Hati-hati blank kalau wawancara.

    ?Beasiswa Unggulan – hanya bisa digunakan di dalam negeri saja
    • Maksimal 32 tahun
    • Lulus di Perguruan Tinggi minimal berakreditasi B
    • Minimal IPK 3.25
    • Memiliki prestasi minimal tinggkat kabupaten (harus 5 besar)

           Natonal Central University Scholaship – admissions.oia.ncu.edu.tw
           Pendaftaran di buka Januari tahun 2019.

 

Pemateri Ketiga :

Abu Hasan Baskara

Pernah melakukan magang di Creato Co, Ltd, Jepang.

Kenapa Jepang?

walaupun Jepang negara maju tetapi masyarakan Jepang tidak melupakan budaya mereka. Orang – orang Jepang mencari kesempurnaan dari orang yang mungkin tidak menganggapnya penting.

 

Di Jepang itu seru, banyak pengalaman yang bisa didapatkan. Waktu itu disuruh maintain page untuk 5 hari. Tapi bisa dikerjain hanya dengan 3 hari. Kalau di Jepang menuntut kemandirian. Disana itu tidak di dikte tapi disuruh belajar sendiri. Produk di jepang itu dibuat secara teliti, seperti bikin UI saja harus pakai rumus. Disana juga menghormati sesama. Di Jepang itu memberikan yang terbaik kepada siapapun, memberikan secara maksimal, tidak setengah-setengah.

Di Jepang ada julukan Sensei – suatu kehormatan kepada orang tertinggi. Di Jepang, tidak ada pekerjaan yang dianggap rendah jadi mereka saling menghormati.

Banyak opportunities magang di Jepang, akan tetapi banyak requirement yang mengharuskan untuk bisa berbahasa Jepang. Selain Jepang, banyak juga kesempatan untuk magang di luar negeri.

 

Menulis CV

Buatlah CV sesimple mungkin. Kalau bisa 1 halaman saja. Taruh yang paling atas itu yang paling wow. Skillnya juga harus sesuai. Email juga harus professional, nama email jangan yang aneh. Kalau IPK diatas 3 dicantumkan juga.

Tips Interview

Yang perlu diperhatikan :

  • Persiapkan jawaban yang mungkin akan ditanyakan
  • Penjelasan dengan tepat
  • Gesture
  • Pembukaan dan Penutupan
  • Persiapkan banyak pertanyaan yang membuat kita tertarik dengan perusahaan tersebut

Tetaplah termotivasi. Tetap percaya dengan mimpi kalian. Jangan sampai menyesali di hari tua, masa muda sangatlah berharga

Pertanyaan :

  1. Taiwan dan Jepang negaranya gak terlalu fasih berbahasa inggris. Gimana caranya beradaptasi disana?Jawab :
    • Mas Baskara :
      Di Jepang gak begitu bisa bahasa Inggris. Beradaptasinya itu ya dinikmatin aja dan berusaha. Kalau pakai bahasa Inggris mereka mengetahui konteksnya.
    • Pak Adam :
      Kalau di kampus banyak yang bisa bahasa inggris, tapi kalau di luar kampus tidak. Pakai bahasa isyarat. Dan mau gak mau ya harus belajar. Di Taiwan mahasiswa baru itu tidak akan langsung dilepas, tapi di damping tapi hanya sebentar, diajarin mulai dari milih makanan, ngomongnya gimana. Seru, kejadian lucu membuat kita bicara. Dinikmatin aja. Skill pasti nambah walaupun pelan-pelan.
       
  2. Hal lucu atau hal apa sih yang paling berkesan?
    Jawab :
    • Pak Adam :
      Taiwan itu punya masakan khas, yaitu tahu busuk. Rasanya enak. Tapi saat pertama makan itu sudah muntah-muntah. Dan waktusetelah lulus coba lagi dan rasanya enak.
    • Mas Bas :
      Senioritas itu tinggi, tapi senior harus memperlakukan junior dengan sangat baik, misalkan untuk mentraktir. Kalau junior yang mentraktir itu dianggap tidak sopan. Perlakuan orang-orang Jepang sangat baik. Orang Jepang kalau memberikan kebaikan sangat maksimal
  3. Saran untuk pendidikan di Indonesia.
    Jawab :
    • Pak Adam :
      Taiwan itu negara yang berpisah dari China tapi mengambil kiblatnya dari dua sisi yaitu Jepang dan Amerika. Dari China nya juga tetap dijaga. Orang –orang di Taiwan sopan, dan menjaga budaya. Siapapun yang kesana pasti akan tau budaya mereka gimana. Masyarakat Taiwan punya hal yang berebeda. Mereka saling lomba tapi mempunyai etika. Masyarakat Taiwan itu etos kerjanya bagus. Selalu mencoba dan tidak menyerah. DIsana dikasih kebebasan buat explore. Sarannya jangan pernah merasa inferior, jangan minder. Mereka yang di negara maju itu mau mencoba. Tetaplah bermimpi meskipun gagal beberapa kali. Karena kegagalan tersebut bisa menjadi cerita sendiri pada saat sukses nanti. Orang pintar itu banyak, tapi orang pintar yang beretika itu sedikit. Jadilah mahasiswa yang baik dan beretika.
    • Mas Bas :
      Etika sangat penting kalau di Jepang. Sangat memuliakan dan menghormati Sensei. Kalau di kelas mereka diam dan mendengarkan Sensei. Disana gak gengsi ketika memuji orang. Saling menghormati. Anak kecil yang masih SD saja sudah diajarkan cara berbicara yang sopan kepada orang yang lebih tua. Masyarakat Jepang itu saling meghormati.