Berita

Lomba Programming CARBON 2.6 Sukses Diselenggarakan Se-Malang Raya

Mengulang kesuksesan tahun 2015 kemarin, tahun ini CARBON diselenggarakan lagi yakni CARBON 2.6 (Code and Algorithm Basic Competition 2nd 2016) dengan tema "Play Your Code, Solve The Problem". Tahun ini CARBON 2.6 diselenggarakan oleh BCC (Basic Computing Community) yang bekerja sama dengan EMIF (Eksekutif Mahasiswa Informatika).

Ada beberapa perbedaan CARBON 2.6 ini dengan tahun lalu, antara lain :

  • Peserta yang semula hanya dari mahasiswa FILKOM menjadi mahasiswa S1/D3 sederajat se-Malang raya.
  • Meniadakan kategori dimana semula dari dua kategori (basic dan advance) yang disetarakan jadi satu.
  • Tahun ini CARBON 2.6 mengambil empat juara terbaik dari tahap final.
  • Menggunakan empat bahasa pemrograman yakni Java, C, C++, dan Pascal.

CARBON 2.6 tahun ini diikuti oleh berbagai kalangan mahasiswa mulai dari mahasiswa baru sampai mahasiswa tingkat atas. Ada delapan perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi ini, antara lain : Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Merdeka, STMIK Pradnya Paramita, dan Universitas Widyagama Malang. Dari delapan perguruan tinggi tersebut peserta paling banyak dari Universitas Brawijaya diikuti Universitas Negeri Malang dan Politeknik Negeri Malang.

Sama seperti tahun lalu, tahun ini juga memiliki 3 tahapan yang harus dilalui peserta. Tahap pertama adalah tahap penyisihan. Pada tahap ini peserta diberi soal algoritma dan struktur data berupa pilihan ganda yang bisa dikerjakan dimana saja, karena tahap ini bersifat online dan penilaian dilakukan secara otomatis oleh sistem (online judge). Tahap penyisihan ini akan menyisakan 50 peserta yang lolos ke tahap selanjutnya.

Tahap kedua adalah tahap semifinal, dimana 50 peserta ini melakukan seleksi di FILKOM Universitas Brawijaya. Tahap ini peserta diberikan beberapa soal yang harus diselesaikan dengan menggunakan salah satu dari keempat bahasa pemrograman Java, C, C++, dan Pascal (live coding). Tahap kedua ini diambil 10 peserta terbaik dengan nilai tertinggi yang akan masuk tahap terakhir.

Tahap ketiga atau terakhir adalah tahap final, tahap ini juga diadakan di FILKOM seperti tahap semifinal. Pada tahap terakhir teknis hampir sama seperti tahap semifinal hanya saja hasil pekerjaan peserta akan langsung di-presentasikan ke juri. Dari tahap final diambil empat juara dengan poin terbanyak dilihat dari nilai coding dan presentasi ke juri.

Pengumuman dan penghargaan kepada pemenang diselenggarakan langsung setelah tahap final selesai pada Sabtu, 24 September 2016. Peserta yang juara mendapatkan uang tunai langsung saat itu juga, untuk Juara I senilai Rp 2.000.000,00, Juara II senilai Rp 1.000.000,00, Juara III senilai Rp 500.000,00, dan terakhir Juara IV senilai Rp 250.000,00.

Berikut ini adalah daftar nama pemenang CARBON 2.6 :

  • Juara I

Muhammad Syafiq (Universitas Brawijaya) dengan nilai 338.

  • Juara II

Deri Armanda (Universitas Negeri Malang) dengan nilai 336.

  • Juara III

Dyah Ayu Prabandari (Universitas Brawijaya) dengan nilai 306.

  • Juara IV

Much. Arafat Al Mubarok (Universitas Negeri Malang) dengan nilai 304.

Selamat kepada keempat pemenang atas perjuangan melewati tiga tahap mulai dari tahap penyisihan, semifinal, dan final. Semoga kemenangan ini menjadi titik awal kesuksesan di masa mendatang. Bagi temen-temen yang belum berkesempatan menjadi juara, tetap semangat dan terus belajar karena perjalanan teman-teman masih panjang.

 

#SatuPaduInformatika