Informasi

ACADEMIC DISCUSSION OF INFORMATICS: SEPUTAR SKRIPSI

Hai informatics!

Setelah membahas tentang tips dan trik krs-an (yang bisa kalian akses disini), yuk lanjutkan dengan membahas sekilas tentang skripsi! Karena yang butuh arahan tidak hanya mahasiswa yang baru. Setuju?

Check this out!

 

Skripsi dapat dimulai ketika mahasiswa telah menempuh 120 sks dan beberapa persyaratan lainnya yang terdapat di buku pedoman PTIIK.

Terdapat manual prosedur umum tentang skripsi yaitu :

  • Kerangka Umum

Mahasiswa diharapkan dapat membuat kerangka umum setelah mendapat kuliah Metode Penelitian Teknologi Informasi. Untuk tema yang diinginkan, dapat dikonsultasikan dengan dosen pembimbing agar tidak terjadi kesalahan. Tema dapat dipikirkan selagi masa pembelajaran metpen, atau lebih baik lagi sudah dipikirkan sejak lama.

 

  • Pengajuan Proposal & Pembimbingan Skripsi

Terdapat dua jalur untuk pengajuan proposal yaitu: bimbingan dan mandiri.

  1. Jalur bimbingan yaitu mahasiswa  memilih dosen untuk membimbing mereka dalam pengerjaan skripsi.
  2. Jalur mandiri merupakan jalur pengajuan proposal skripsi tanpa perlu pembimbing. Jalur mandiri akan jauh memiliki kendala kerena mahasiswa akan menjalankan pengerjaan skripsi tanpa bimbingan.

Jadi, fakultas lebih menyarankan agar memilih jalur bimbingan, tetapi untuk mahasiswa yang yakin akan kemampuannya dipersilakan untuk memilih jalur mandiri. Pengajuan proposal dapat dilakukan ke PTIIK Apps.

Penentuan pembimbing dapat dibagi dua: dosen pembimbing tunggal dan tim.

Untuk pembimbing tunggal hanya bisa dilakukan oleh dosen dengan tingkat pendidikan S3.

Untuk dosen S2 dapat dilakukan juga tetapi dengan penilaian fakultas akan kapasitas dosen pembimbing dan mahasiswa.

Menurut fakultas, lebih baik memilih pembimbing tim untuk menghindari pendapat sepihak dosen. Hal ini dikarenakan kemungkinan adanya pendapat yang sepihak bersifat subjektif, sehingga dapat membuat skripsi tidak sesuai dengan aturan yang ada.

Umumnya, pembukaan pengajual proposal pada dua pekan awal semester Skripsi. Tetapi, pengajuan masih dapat dilakukan sampai dua bulan terakhir sebelum semester sebelumnya berakhir.

  • Pengerjaan Skripsi

Untuk stuktur dasar skripsi, gaya penulisan seperti: margin, font, ukuran, dll. Dapat dilihat dibuku pedoman PTIIK terbaru.

Tahap pengerjaan skripsi yaitu :

  1. Pengajuan/revisi proposal skripsi di dua minggu pertama
  2. Pemrosesan surat tugas dan pemilihan dosen pembimbing di dua minggu selanjutnya
  3. Presentasi kemajuan pertama yaitu P0 yang bertujuan untuk penyamaan persepsi dan penentuan target
  4. Presentasi kemajuan kedua yaitu P1 dengan minimal target pengerjaan mencapai 50%
  5. Presentasi kemajuan ketiga yaitu P2 dengan minimal target pengerjaan mencapai 80%
  6. Setelah selesai, akan diadakan seminar hasil. Disini, mahasiswa akan memaparkan skripsi yang sudah dirancang
  7. Terakhir adalah penjadwalan ujian skripsi

Pada saat pengerjaan skripsi, mahasiswa diharapkan dapat fokus karena masa perpanjangan skripsi hanya empat bulan dari awal semester. Jika melewati dari itu, maka hanya dapat melanjutkan dengan petimbangan dosen pembimbing dan fakultas atau harus mengulang.

Tips dari Pak Tri Astoto Kurniawan adalah dengan mengambil tema skripsi yang disesuaikan dengan KKN yang akan atau telah dilakukan. Dengan begitu, waktu dalam pengumpulan data akan menjadi lebih singkat karena dapat mengambil data yang ada selama KKN.

  • Pelaksanaan Ujian Skripsi

Ketika pelaksanaan ujian harus terdapat pembimbing, penguji, dan ketua majelis yang diangkat dari penguji dengan surat tugas. Jadwal ujian skripsi merupakan permintaan dari mahasiswa yang disesuakian dengan dosen terkait karena dalam pelaksaan ujian skripsi, harus dihindari penundaan.

Hal ini dikarenakan pada saat ujian pasti akan mengambil waktu dari dosen penguji, pembimbing maupun mahasiswa. Jika terjadi penundaan maka waktunya akan terbuang sia-sia.

Alokasi waktu yang diberikan yaitu 55 menit dengan rincian presentasi dan demo 15 menit, Tanya jawab 2 x 15 menit, dan rapat hasil 10 menit.

Untuk lebih jelasnya, kalian juga bisa mengunduh file berikut sebagai informasi tambahan mengenai skripsi:

Download

Nah, itu dia hasil dari Academic Discussion of Informatics. Banyak informasi yang didapat, ‘kan? Semoga artikel ini membantu kalian ya!

Selamat Skripsian!

Comments

Featured Posts

[ H-1 BIT IF ]
Wah, ga terasa nih rangakaian pertama BIT-IF tinggal sehari lagi Ayo persiapkan dirimu! Nah, kita ada video teaser BIT-IF loh. Yuk kita lihat bareng di: bit.ly/teaser1bitif (Hanya bisa di buka lewat desktop) Untuk pembagian ruang kelas besok, bisa dilihat di: bit.ly/ruanganbitif1 Masih bingung dengan penugasan pertama kemarin? Silahkan cek di: bit.ly/tugas1bitif Untuk Tata Tertib dan ketentuan barang bawaan, bisa di cek di: bit.ly/tatibdanbawaanbitif1 Jangan lupa untuk memakai twibbon resmi BIT-IF ya. Twibbon dapat diunduh: bit.ly/downloadtwibbonbitif
[LOWONGAN PEKERJAAN KPK]
Dalam mencapai dan mewujudkan tujuan dari KPK, pada bulan Oktober tahun 2016 ini KPK kembali membuka kesempatan berkarir dan berkarya bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk mengisi posisi jabatan pekerjaan yang sedang dibutuhkan dalam lowongan yang ada saat ini.